Pasar Ikan Sumenep

Bagi Anda yang bukan merupakan warga asli Jakarta atau bahkan mungkin belum pernah datang ke sini, mungkin tidak menyangka bahwa kota metropolitan ini ternyata memiliki pasar ikan di di tengah-tengah kota lho. Namanya adalah pasar ikan Sumenep.

Jika Anda ingin mengunjungi tempat alternatif lain selain mall untuk menikmati akhir pekan, pasar ikan hias ini cocok banget nih untuk dijelajahi. Sesuai namanya, di pasar ini Anda bisa menemukan ratusan jenis ikan hias cantik aneka warna dengan harga yang sangat bervariasi.

Lokasi dan Jam Buka Pasar

Gambar Lokasi Pasar Ikan Sumenep
nasional.okezone.com

Pasar kecil ini berlokasi di Taman Wisata Jl. Sumenep No.2, RT.11/RW.4, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat. Anda bisa berkunjung di antara pukul 09.00 -17.00 WIB dari Senin-Minggu.

Dagangan

Gambar Dagangan Pasar Ikan Sumenep
klanews.id
  • Pasar ini menjual berbagai jenis ikan hias dari air laut hingga air tawar, seperti ikan badut (nemo), koi, mas koki, komet, arwana, dan banyak lagi.
  • Anda juga bisa melihat hewan air lainnya seperti penyu, siput, bintang laut, kuda laut, kepiting tapal, baby shark, hingga terumbu karang berwarna-warni dan berbagai jenis tanaman air yang cantik.
  • Beberapa kios juga menjajakan hewan air eksotis yang unik seperti piranha, belut listrik, laba-laba laut yang menyerupai tarantula, serta kelabang serta jangkrik yang biasa dijadikan pakan ikan arwana.
  • Selain menjual tumbuhan dan satwa air, pasar ini juga menjual barang-barang lain yang berhubungan dengan ikan, seperti obat khusus ikan, pakan ikan, filter air, batu-batu kecil untuk dekorasi akuarium, dan bahkan ada jasa perawatan ikan sakit lho.

Saat berkunjung ke pasar ini, Anda juga bisa menanyakan berbagai pertanyaan seputar ikan atau perawatan ikan, karena para penjual di pasar ini terkenal sangat ramah dan bersedia memberikan berbagai informasi tentang perawatan ikan dan hewan air lainnya.

Jika Anda belum memiliki akuarium untuk memelihara ikan yang baru dibeli, Anda juga bisa langsung membeli akuarium di sini, dan jika perlu mintalah penjual untuk membuat dekorasi yang bagus untuk akuarium Anda.

Para pedagang pasar ini juga tidak keberatan jika Anda hanya datang untuk melihat-lihat dan tidak tertarik membeli, jadi jangan ragu untuk berkunjung ya.

Harga Ikan dan Akuarium di Pasar Ikan Sumenep

Gambar Harga Ikan dan Akuarium di Pasar Ikan Sumenep
medcom.id

Para pedagang di pasar ini mematok harga sekitar Rp 5000-Rp 10.000.000 per ekor ikan air tawar, dan sekitar Rp 10.000-Rp 200.000 per ekor untuk ikan hias air asin.

Sedangkan untuk akuarium, harganya cukup bervariasi mulai dari Rp 30.000-Rp 39.000.000 tergantung jenis dan ukuran. Berikut daftarnya:

  • Akuarium mini tank (Rp 30.000): dapat menampung sekitar 1,2 liter air dan cocok untuk ikan hias kecil seperti platy, guppy, dan molly.
  • Akuarium mini akrilik (Rp 80.000): paling cocok untuk ikan cupang
  • Akuarium mini tabung (Rp 120.000): terbuat dari material mika dan biasanya sudah dilengkapi lampu led 3 watt. Bentuknya yang unik sangat cocok untuk pajangan di ruang tamu.
  • Akuarium ukuran S (Rp 150.000): dimensi sekitar 24x15x16 cm
  • Akuarium ukuran M (Rp 275.000): dimensi sekitar 30x25x25 cm
  • Akuarium mini dengan lampu + port USB (Rp 285.000): 22x11x14,5 cm
  • Akuarium Nikita L plus (Rp 150.000): dimensi 40x25x28 cm dan dapat menampung 25 liter air
  • Akuarium besar (Rp 2.000.000): dimensi 120x50x50 cm
  • Akuarium red sea reefer XL 525 black (Rp 39.000.000): dimensi 150×57,5×55 cm dengan kapasitas air 525 liter

Baca Juga : Pasar Ikan Muara Baru

Jika Anda merupakan pecinta ikan hias, maka tidak salah jika suatu saat Anda menyambangi pasar ikan Sumenep untuk membeli atau sekedar melihat-lihat. Tempat ini juga cocok dijadikan destinasi wisata tengah kota yang ramah anggaran terutama jika Anda pergi dengan anak-anak.

Tinggalkan komentar