Pasar Ikan Surabaya

Surabaya adalah kota belanja yang memiliki banyak mall besar dengan beragam barang lokal serta impor dengan harga bersaing. Tapi selain tempat kekinian, ibukota Jawa Timur ini juga memiliki sejumlah pasar ikan yang lengkap dan murah lho. Dua pasar ikan Surabaya yang paling terkenal adalah sebagai berikut.

Daftar Pasar Ikan Surabaya

1. Pasar Ikan Hias Gunung Sari

Gambar Pasar Ikan Hias Gunung Sari
brisik.id

Meskipun Anda bukan seorang pecinta ikan dan bahkan tidak memiliki akuarium atau kolam ikan hias di rumah, Anda tetap dapat menikmati pemandangan yang menarik dan penuh warna di pasar ikan ini. Karena di sinilah Anda bisa melihat ikan-ikan eksotis dan aneka dekorasi akuarium yang berornamen.

Pasar yang terdiri dari dua lantai ini tak hanya ramai oleh pengunjung lokal lho, tapi di beberapa waktu juga ada pembeli asing yang merupakan orang Hongkong, Jepang, Korea, dan bahkan Amerika. Hal ini karena lokasi pasar yang memang cukup dekat dengan Hotel Singgasana dan lapangan Golf A. Yani.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa pedagang di pasar ini juga kerap mendapat pembeli yang merupakan para ekspatriat yang tinggal di kawasan Citraland dan Darmo Harapan.

Gambar Pasar Ikan Hias Gunung Sari2
infopublik.id

Sedangkan untuk para turis biasanya ditemani oleh supir atau teman yang bisa berbahasa Indonesia. Berikut informasi lainnya:

  • Ikan koi adalah yang paling banyak dibeli oleh turis Jepang.
  • Jenis ikan hias yang tersedia di pasar ini adalah nemo, ikan mas koki, louhan, arwana, cupang, dan masih banyak lagi. Tersedia juga berbagai hiasan akuarium, pakan ikan, benih udang, dan ikan yang bisa dikonsumsi seperti nila, gurame, mujair,dan lele.
  • Harga ikan di pasar ini berkisar dari Rp 10.000 per ekor hingga lebih dari Rp 100.000 per ekor.
  • Jumlah kios di pasar ini sekitar 50 stan.
  • Alamat pasar ada di Jl. Gunungsari No. 71, Kel. Sawunggaling, Kec. Wonokromo, Surabaya. Jaraknya sekitar 3 km dari Surabaya Zoo dan sekitar 4 menit dari Terminal Angkutan Umum Joyoboyo.
  • Jam buka pasar adalah Senin-Minggu pukul 08.00-19.00 WIB. Tapi khusus Rabu dan Sabtu, pasar akan buka lebih malam sampai pukul 00.00 WIB.
  • Bagi Anda yang datang dengan kendaraan pribadi, tiket parkir di pasar ini cukup murah lho, hanya sekitar Rp 3.000/kendaraan.

 

2. Pasar Ikan Pabean Surabaya

Gambar Pasar Ikan Pabean di Surabaya2
facebook @Love Suroboyo

Pasar ini terletak di Utara Jembatan Merah di sebuah tanah lapang yang merupakan bekas Pelabuhan Willemskade yang beroperasi pada masa Kolonial Belanda. Alamat persisnya ada di Jl. Panggung, Nyamplungan, Kec. Pabean Cantian, Kota Surabaya.

Namun jangan datang ke sini saat siang hari ya, karena Anda tidak akan menemukan aktivitas apapun. Area pasar baru akan terlihat ramai setelah sore, yaitu saat mobil-mobil pick up pengangkut ikan berdatangan. Sedangkan jam tutup pasar adalah sekitar tengah malam.

Para pedagang ikan bukan hanya orang Surabaya lho, tapi juga dari berbagai kota lain di Jawa Timur seperti Gresik dan Malang. Namun untuk sementara waktu, aktivitas pasar sedikit dikurangi berkaitan dengan pandemi yang terjadi.

Gambar Pasar Ikan Pabean di Surabaya
foto.bisnis.com

Salah satunya dengan jam buka lebih pendek dan tidak menerima pembeli atau pedagang dari luar kota. Setiap orang juga wajib memakai masker dan setiap kios harus menyediakan tempat cuci tangan serta hand sanitizer.

Sudah ada sejak tahun 1918 dan diperkirakan berusia seabad, pasar ikan ini adalah yang terbesar di Jawa Timur. Jenis ikan yang paling banyak dijual adalah pindang, baik dalam keadaan segar atau pun sudah diolah.

Baca Juga : Pasar Ikan Sumenep

Luangkan waktu untuk mampir ke salah satu dari dua pasar ikan Surabaya di atas saat Anda sedang berkunjung ke Kota Surabaya. Jangan lupa untuk membawa uang cash ya, karena para pedagang di dua pasar ini hanya menerima pembayaran uang tunai hingga saat ini.

Tinggalkan komentar