Renang Gaya Kupu-Kupu

Dari 4 gaya yang sering diperlombakan, renang gaya kupu-kupu membutuhkan usaha dan kekuatan yang lebih besar.

Seorang perenang harus handal menstabilkan posisi tubuh dan menggerakkan tangan serta kaki secara bersamaan. Sebab, ritme yang pas akan mempercepat laju.

Gaya kupu-kupu pertama kali diperlombakan pada tahun 1933 silam hingga zaman sekarang. Antusiasme orang untuk belajar gaya kupu-kupu juga tidak pernah surut. Berikut teknik dasar yang dijadikan panduan untuk berlatih berenang dengan gaya kupu-kupu.

Pengertian dan Ciri-Ciri Renang Gaya Kupu-Kupu

Gambar Renang Gaya Kupu-kupu
swimnow.co.uk

Renang gaya kupu-kupu adalah salah satu gerakan dalam olahraga renang yang mengandalkan rentangan kedua tangan dan lecutan tungkai secara berkesinambungan untuk bergerak maju di permukaan air.

Kedua tangan yang dibentangkan atau dilentangkan secara bersamaan terlihat seperti sayap kupu-kupu sehingga gaya ini diberi nama seperti itu.

Namun, gaya kupu-kupu juga disebut dengan gaya lumba-lumba. Sebab, gerakan kepala yang naik-turun dan kaki yang menendang-nendang terlihat mirip seperti cara hewan mamalia tersebut berenang.

Agar bisa dibedakan dengan gaya lain dalam berenang, berikut ciri-ciri gaya renang kupu-kupu:

  • Selama berenang, batang tubuh harus selalu sejajar dengan permukaan air;
  • Telapak tangan harus dihadapkan ke bawah;
  • Lengan selalu lurus ke arah depan;
  • Posisi siku yang menekuk selalu lebih tinggi dari tangan sehingga memudahkan tangan untuk masuk ke dalam air;
  • Tangan yang terayun ke arah dalam-luar membentuk seperti huruf Y;
  • Kedua kaki harus menyatu dan jari kaki lurus menghadap ke air;
  • Tendangan kaki dilakukan bersamaan dengan putaran/ayunan tangan.

Teknik Renang Gaya Kupu-Kupu

Gaya kupu-kupu terbilang sulit dan membutuhkan tenaga yang ekstra namun bukan berarti tidak bisa dipelajari. Apabila ingin berlatih gaya kupu-kupu, maka Anda harus mengetahui teknik dasarnya dulu. Teknik itulah yang akan menjadi patokan dan memudahkan Anda selama berlatih.

Terdapat 4 teknik dasar renang gaya kupu-kupu antara lain:

1. Teknik Memposisikan TubuhGambar Teknik Memposisikan Tubuh Saat Renang Gaya Kupu-kupu

Mengetahui posisi tubuh merupakan permulaan penting untuk mempelajari setiap gaya dalam berenang. Apabila diawali dengan posisi tubuh yang sempurna maka gerakan selanjutnya pun tidak akan kacau. Caranya sebagai berikut:

  • Posisikan tubuh mengapung secara tengkurap di permukaan air. Usahakan benar-benar sedatar mungkin dengan permukaan air bahkan ketika sedang bergerak sekalipun. Tubuh yang sejajar berguna untuk meminimalisir hambatan selama berenang;
  • Posisikan kedua tangan di atas permukaan air sekitar sebatas alis mata;
  • Posisikan kepala sejajar dengan permukaan air dan hanya diangkat sedikit saat mengambil napas;
  • Kedua kaki dalam posisi lurus dan berdekatan.

2. Teknik Menggerakkan Lengan

Gambar Teknik Menggerakkan Lengan Renang Gaya Kupu-kupu
swimmingworld.com

Renang gaya kupu-kupu memiliki 5 jenis gerakan lengan yaitu menangkap, meraih, menarik, mendorong dan pemulihan.

  • Gerakan menangkap atau catch diawali dengan menggerakkan kedua tangan secara bersamaan ke arah luar kemudian lanjutkan seperti gerakan menangkap dengan menarik tangan ke dalam air;
  • Gerakan meraih atau down sweep dilakukan dengan membengkokan siku lalu menggerakkan kedua tangan secara bersamaan ke bagian belakang hingga terangkat ke atas permukaan air;
  • Gerakan menarik atau insweep dilakukan dengan menarik kedua tangan kembali ke dalam air. Tangan ditarik di sekitar bagian bawah kepala sehingga hampir menyentuh badan;
  • Gerakan mendorong atau upsweep dilakukan setelah insweep yakni dengan mendorong kedua tangan sekuat tenaga ke bagian belakang untuk kemudian diangkat kembali ke arah luar;
  • Gerakan pemulihan atau recovery dilakukan dengan memutar sendi bahu saat siku terangkat ke atas. Dengan begitu, kedua lengan akan terarah ke depan.

3. Teknik Menggerakkan Kaki

Gambar Teknik Menggerakkan Kaki Renang Gaya Kupu-kupu
goswim.tv

Perbedaan yang mendasar dari teknik gerakan kaki gaya kupu-kupu dengan gaya lain adalah kaki digerakkan dalam satu waktu alias tidak bergantian. Selain itu, tungkai juga sangat berperan karena aktif bergerak ke atas-bawah.

Cara menggerakkan kaki pada renang gaya kupu-kupu yaitu:

  • Posisikan kedua kaki lurus dan sejajar dengan permukaan air;
  • Jari kaki dirapatkan dan diluruskan sedatar mungkin dengan permukaan air;
  • Mulailah menggerakkan kaki dengan menekuk lutut terlebih dahulu. Tekukan lutut jangan terlalu dalam;
  • Lentingkan bagian pinggang lalu luruskan kembali kedua lutut dan cambukkan kedua kaki secara bersamaan ke arah bawah. Anda harus melakukan gerakan ini dengan cepat dan kuat;
  • Cambukan lagi kedua kaki ke arah atas dan kembali luruskan kedua kaki seperti posisi semula sebelum kembali melakukan gerakan menendang ke bawah.

4. Teknik Mengambil NapasGambar Pengambilan Nafas Renang Gaya Kupu-kupu

Pada dasarnya, cara mengambil udara pada gaya kupu-kupu hampir sama dengan gaya dada. Hanya saja dilakukan pada akhir tarikan kedua tangan.

Cara bernapas saat melakukan gaya kupu-kupu yakni:

  • Angkat kepala ke atas permukaan air dalam sudut yang tidak berlebihan;
  • Tarik udara sebanyak mungkin lalu masukan kembali kepala ke dalam air. Hindari terlalu lama mengangkat kepala untuk bernapas karena akan memperbesar hambatan;
  • Hembuskan udara melalui hidung ketika di dalam air secara perlahan.

Agar setiap gerakan saling mendukung satu sama lain, maka Anda wajib mengetahui teknik untuk mengkoordinasikannya. Pertama, saat lengan diputar satu kali maka kedua kaki harus digerakkan dua kali.

Kedua, gerakan kaki yang sifatnya lemah dilakukan saat badan sedang dalam posisi dorong. Sedangkan gerakan kaki yang bersifat kuat dilakukan saat dalam posisi menendang.

Manfaat Renang Gaya Kupu-Kupu

Gambar Manfaat Renang Gaya Kupu-kupu
britannica.com

 Secara umum, olahraga renang memang memiliki banyak kegunaan sehingga banyak orang yang menggemari. Namun, gaya kupu-kupu mempunyai hal positif yang istimewa karena teknik gerakannya pun sedikit berbeda dengan gaya lain dalam berenang.

Manfaat renang gaya kupu-kupu adalah sebagai berikut:

  1. Menguatkan otot lengan karena gaya kupu-kupu bertumpu pada dorongan kedua tangan untuk menghasilkan laju kecepatan yang tinggi saat meluncur di air;
  2. Menguatkan otot kaki karena selain lengan, gaya kupu-kupu juga bergantung pada gerakan kaki yang menendang ke arah dalam dan luar air;
  3. Menguatkan otot pada area dada dan bahu sehingga postur tubuh menjadi lebih tegak. Hal tersebut karena efek dari gerakan lengan sehingga dada dan bahu ikut terlatih;
  4. Melatih pernapasan agar memiliki ritme yang lebih stabil dan baik;
  5. Membakar kalori dalam jumlah yang lebih banyak dibanding renang menggunakan gaya lain. Dengan begitu, tubuh akan lebih sehat dan terhindar dari obesitas.

Kekuatan dan kecepatan adalah dua hal istimewa dalam gaya kupu-kupu. Saat melakukan renang gaya kupu-kupu, Anda harus menarik dan mendorong kedua lengan sekuat tenaga dan segesit mungkin sehingga menghasilkan kecepatan yang tinggi.

Baca Juga : Macam Gaya Renang

Kemampuan dalam mengkoordinasikan gerakan lengan dan kaki juga penting dikuasai. Sebab, hal tersebut adalah pusat kekuatan dari gaya kupu-kupu.

Tinggalkan komentar