Tanaman Aquascape Tanpa CO2

Ingin memulai hobi aquascape? Kami rasa Anda harus memilih tanaman aquascape tanpa CO2 terlebih dahulu supaya mudah dalam merawatnya.

Seperti yang kita ketahui aquascape merupakan seni menata tanaman air didalam aquarium. Tanaman aquascape sendiri ada bermacam-macam, pada umumnya memang membutuhkan alat tambahan berupa CO2 injector untuk menunjang proses fotosintesis.

Namun jangan khawatir, karena ada juga tanaman aquascape yang tetap bisa hidup tanpa CO2 atau kebutuhan CO2nya rendah. Apa saja itu? Ini dia ulasannya.

Ini Dia Tanaman Aquascape Tanpa CO2 !

1. Tanaman Peacock Moss

Gambar Tanaman Aquascape Peacock Moss Tanpa CO2
youtube.com

Apabila Anda mencari tanaman aquascape yang karakternya rimbun, hijau. dan tidak memerlukan CO2 maka Peacock Moss adalah jawabannya.

Dengan karakternya ynag rimbun menyerupai ekor merak, Peacock Moss cocok diletakkan disudut bebatuan sehingga bisa dijadikan tempat bersembunyi ikan, apalagi didukung oleh daun Peacock Moss yang lembut itu.

2. Tanaman Christmas Moss

Ganbar Tanaman Aquascape Christmas Moss Tanpa CO2
shrimpandshape.co.uk

Jika dilihat sekilas tanaman ini mirip sekali dengan tanaman Paku ya, hanya saja Christmas Moss hidup di air. Tanaman aquascape Christmas Moss tumbuh cenderung tidak beraturan dan merembet pada batu.

Warna daunnya sendiri hijau terang sehingga ia mampu memanjakan mata, mugkin alasan itulah yang menjadikan Christmas Moss banyak diminati oleh penggiat aquascape.

Supaya pertumbuhan Christimas Moss lebih cepat, Anda bisa memaksimalkan pencahayaan pada aquascape. Namun tu hanya opsional saja, karena Christimas Moss tetap bisa hidup walau dalam penerangan yang minim dan tanpa CO2.

3. Tanaman Java Moss

Gambar Tanaman Aquascape Java Moss Tanpa CO2
amazon.co.uk

Bisa dibilang Java Moss adalah tanaman aquascape yang tahan banting, karena mampu bertahan dalam air yang PHnya berubah-ubah (5-8), minim CO2, dan minim cahaya.

Selain ketahanannya tersebut, tanaman Java Moss juga mudah dalam perawatan. Cukup letakkan langsung tanaman ini didalam air, maka ia langsung bisa hidup subur.

Pertumbuhan tanaman Java Moss tergolong cepat, paling tidak Anda harus rajin untuk merapikannya dengan cara memangkas menggunakan gunting.

4. Tanaman Flame Moss

Gambar Tanaman Aquascape Flame Moss Tanpa CO2
aquasabi.com

Seperti namanya, tanaman Flame Moss memang tumbuh memutar kearah atas menyerupai api. Hanya saja warnanya tidak merah seperti api ya, ia berwarna hijau tua.

Tanaman aquascape Flame Moss hidup pada suhu dibawah 30 derajat dan tidak memerlukan alat tambahan karbon dioksida (CO2) injector.

Biasanya tanaman Flame Moss digunakan sebagai alas untuk aquascape, dan akan lebih cantik jika diikatkan pada kayu atau batu.

5. Singapore Moss

Gambar Tanaman Aquascape Singapore Moss Tanpa CO2
aquasabi.com

Ini merupakan Moss yang sering dijumpai di Singapura, namun di Indonesia juga Anda bisa menemuinya kok.

Singapore Moss mempunyai ciri tumbuh merayap, cabang menyirip, panjang, dan tidak beraturan. Kurang lebih bentuknya mirip dengan Java Moss atau pohon paku darat.

Perawatan tanaman aquascape Singapore Moss terbilang mudah karena kebutuhan CO2 dan cahayanya sedikit.

6. Cryptocoryne x willisii

Gambar Tanaman Aquascape Cryptocoryne x willisii Tanpa CO2
aquasabi.com

Cryptocoryne x willisii merupakan tanaman favorit untuk aquascape karena cara perawatannya yang gampang tanpa memerlukan CO2. Namun lebih baik lagi jika suhunya dibawah 30 derajat dan ada sirkulasi air agar mampu tumbuh maksimal.

Tanaman aquascape ini termasuk tanaman yang rimbun, sehingga kesan alami aquascape semakin didapat. Meskipun rimbun, ternyata batang yang dimiliki cukup kecil, dan daunnya tumbuh memanjang.

Mengenai pencahayaan, tanaman ini tidak perlu diberi cahaya yang berlebih. Cukup berikan cahaya 6-8 jam dalam sehari agar ia mampu hidup dengan baik.

7. Vallisneria Nana

Gambar Tanaman Aquascape Vallisneria Nana Tanpa CO2
aquariumplants.com

Tanaman aquascape Vallisneria Nana memiliki daun yang pipih, dan sangat memanjang. Jika dilihat-lihat ia sangat mirip dengan padi, sehingga sangat cocok bagi Anda yang menginginkan konsep aquascape ilalang dan dijadikan background.

Tentunya tanaman ini mampu tumbuh cepat tanpa bantuan injeksi CO2, bahkan hanya dalam beberapa hari saja, anakan Vallisneria Nana sudah mulai bermunculan akarnya.

8. Echinodorus Amazon Sword Plant

Gambar Tanaman Aquascape Echinodorus Amazon Sword Plant Tanpa CO2
liveaquaria.com

Mencari tanaman aquascape yang cepat tumbuh? maka Echinodorus Amazon Sword Plant adalah jawabannya. Tanaman ini memiliki tingkat pertumbuhan yang sangat cepat, hanya dalam 3 hari sejak ditancapkan ia sudah mengeluarkan akar.

Disamping cepat, tentunya tanaman ini tidak membutuhkan injeksi CO2. Karakter daunnya tergolong lebar dan berwarna hijau segar. Sekilas mirip dengan daun pohon pisang versi mini.

9. Rotala Hygrophila SP. Araguaia

Gambar Tanaman Aquascape Rotala Hygrophila SP. Araguaia Tanpa CO2
powo.science.kew.org/

Tanaman aquascape tanpa CO2 berikut ini masuk dalam kategori stem, atau tanaman air yang menggunakan batang sebagai peran utamanya.

Gampangnya, batang tanaman ini bisa dipotong lalu bisa ditancapkan kembali untuk menghasilkan pohon yang baru.

Batang tanaman Rotala Hygrophila SP. Araguaia sedikit besar dihiasi dengan daun yang panjang, bahkan daun yang berada dibagian bawah mampu tumbuh panjang melebihi daun yang paling atas.

Apabila tanaman ini diberi tingkat pencahayaan yang tinggi, maka warnanya akan kemerah-merahan hingga berwarna kuning. Sebaliknya, jika tingkat pencahayaannya rendah, maka tanaman ini akan berwarna hijau.

10. Tanaman Java Fren

Gambar Tanaman Aquascape Java Fren Tanpa CO2
aquaticarts.com

Aslinya tanaman Java Fren sering disebut sebagai parasit dialam aslinya, karena menempel pada bebatuan sungai.

Namun apabila diterapkan dalam aquascape, tanaman Java Fren menjadi sangat berharga dan diminati. Selain bentuk daunnya yang panjang dan lebar, tanaman ini juga mudah untuk dirawat tanpa memerlukan CO2.

11. Tanaman Lilaeopsis

Gambar Tanaman Aquascape Lilaeopsis Tanpa CO2
aryaweb01.blogspot.com

Bentuk tanaman aquascape Lilaeopsis yang memanjang mungkin mengingatkan Anda pada tanaman rumput darat.

Selain bisa hidup tanpa injeksi CO2, tanaman ini termasuk tanaman yang cepat tumbuh, alhasil jika ingin terus terlihat rapi Anda harus rajin memotongnya.

12. Tanaman Anubias

Gambar Tanaman Aquascape Anubias Tanpa CO2
tokopedia.com

Tanaman anubias sangat cocok untuk aquascaper pemula, karena ia sangat tahan terhadap segala kondisi air dan pertumbuhannya tetap maksimal walaupun tanpa diberi CO2.

Meksi sangat mudah, bukan berarti tanaman Anubias tidak memiliki penampilan yang menarik ya. Daun hijau yang melebar membuat ia terkesan mungil dan lucu, jadi sangat cocok ditempatkan dibagian sudut aquarium.

13. Tanaman Fissiden Moss

Gambar Tanaman Aquascape Fissiden Moss Tanpa CO2
homesweetplant.blogspot.com

Kembali membahas keluarga Moss, tanaman aquascape kali ini memmiliki daun yang lancip, bergerigi, dan ukurannya kecil.

Tidak seperti tanaman aquascape yang lain, pertumbuhan Fissiden Moss cenderung lambat, sehingga Anda harus cukup bersabar untuk menunggunya rimbun. Kabar baiknya, untuk perawatan tanaman Fissiden Moss tidak perlu memakai CO2.

14. Tanaman Bacopa Monnieri

Gambar Tanaman Aquascape Bacopa Monnieri Tanpa CO2
amazon.com

Jika Anda tidak terlau menyukai daun aquascape yang rimbun, maka tanaman Bacopa Monnieri bisa menjadi pilihan. Karakter daunnya berbentuk oval dan jaraknya berjauhan satu sama lain.

Tingkat CO2 yang dibutuhkan tanaman Bacopa Monnieri cukup rendah, dan perawatannya pun mudah.

Apabila tertarik dengan tanaman ini, Anda mungkin tidak perlu membelinya ditoko aquascape. Karena ia kerap tumbuh di sekitar aliran sungai atau sawah.

15. Tanaman Ricia Flutitans

Gambar Tanaman Aquascape Ricia Flutitans Tanpa CO2
flickr.com

Berikutnya tanaman Ricia Fluitans merupakan tanaman aquascape yang pengaplikasiannya harus diikatkan pada bebatuan atau kayu.

Cara mengikatnya cukup mudah, Anda bisa menggunakan benang yang tipis seperti benang jahit. Jika sudah diikat, maka dalam beberapa hari saja benang sudah tidak terlihat karena tertutup oleh pertumbuhan tanaman yang cepat dan rimbun.

16. Tanaman Egeria Densa

Gambar Tanaman Aquascape Egeria Densa Tanpa CO2
wikipedia.org

Yang terakhir ini sudah sangat populer dikalangan aquascaper, karena selain mudah dirawat tanpa harus membeli injeksi CO2,  tanaman Egeria Densa juga memiliki manfaat khusus untuk air.

Diantaranya yaitu jika nutirisi yang terkandung dalam air terlalu banyak, maka tanaman Egeria Densa bisa membantu menetralisirnya. Alhasil kondisi air menjadi stabil dan kesehatan ikan menjadi terjaga.

Mengenai penampilan, tanaman Egeria Densa dihiasi daun yang mungil namun saling berdekatan. Sementara itu untuk ukuran batangnya cenderung lebih besar daripada ukuran daunnya.

Tanaman ini juga mudah sekali ditemui dan harganya termasuk murah karena pertumbuhannya yang memang cepat.

Kesimpulan

Sebenarnya semua tanaman itu membutuhkan CO2, termasuk tanaman air aquascape diatas. Hanya saja yang membedakan adalah tingkat kebutuhannya, ada yang kebutuhan CO2nya rendah dan ada juga yang tinggi.

Semua tanaman aquascape diatas termasuk dalam tingkat kebutuhan CO2 yang rendah, sehingga tidak memerlukan alat injeksi CO2 agar tanamannya  bisa hidup.

Namun jika Anda menambahkan alat injeksi CO2 pada tanaman aquascape tersebut, maka pertumbuhan dan hasil tanamannya akan lebih maksimal.

Baca Juga : Cara Membuat Aquascape Tanpa CO2

Nah, mungkin hanya itu tanaman aquascape tanpa CO2 yang bisa kami rekomendasikan. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya, sekian dan terimakasih..

Tinggalkan komentar