Tanaman Aquascape

Apakah Anda pernah mendengar mengenai tanaman aquascape? Walaupun Anda belum pernah mendengarnya, Anda pasti akan terkesima ketika melihat aquascape. Aquascape menjadi sebuah hobi yang disukai banyak orang, karena bisa membuat pemiliknya merasa lebih bahagia dengan melihatnya.

Pemilihan tanaman untuk keperluan aquascape bisa dipilih berdasarkan keinginan dan perancangan layout yang dibuat. Ada banyak tanaman yang bisa dipilih untuk ditanam di dalam air. Selain menenangkan, hobi aquascape juga bisa mendatangkan keuntungan. Aquascape yang indah bisa dijual dengan harga yang mahal dan memberikan keuntungan yang cukup besar.

Apa Itu Aquascape?

Gambar Apa itu Aquascape
nature-aquarium.tumblr.com

Aquascape adalah tanaman alami yang dibuat dalam akuarium. Orang Jepang lebih senang menyebutnya sebagai nature aquarium. Dari dalam akuarium, tanaman memperoleh makanan dan nutrisi yang berasal dari media tanam dan ikan. Peran ikan disini adalah menghasilan CO2 yang nantinya diperlukan tanaman agar bisa hidup.

Aquascape bukan hanya sekedar tanaman biasa, namun pemaknaan hidup miniatur alam yang penuh dengan sinergi. (Sumber: Aquascape, Pesona Taman dalam Akuarium oleh Taufik Widjaja)

Jenis Tanaman Aquascape

1. Jenis Moss

Moss merupakan jenis tanaman yang sering digunakan untuk aquascape. Umumnya, moss digunakan sebagai foreground plants atau tanaman karpet pada aquascape. Tanaman moss merupakan jenis tanaman yang mudah dirawat dan tidak memerlukan asupan CO2.

Java Moss

Gambar Tanaman Aquascape Java Moss
amazon.co.uk

Salah satu tanaman aquascape jenis moss yang paling banyak digunakan dan dijumpai adalah java moss. Tanaman ini berasal dari Asia Tenggara.

Perawatan java moss sangat mudah dan tidak memerlukan banyak perawatan. Ketika tanaman ini melekat pada hardscape, maka Java Moss akan tumbuh dengan subur.

Java Moss banyak digunakan, karena tanaman ini dapat mengikuti bentuk media dengan baik. Namun, jangan sampai Anda meletakkan moss ini pada satu hardscape secara berlebihan, karena tanaman ini bisa cepat membusuk.

Christmas Moss

Gambar Christmas Moss
shrimpandshape.co.uk

Moss ini berasal dari Brasil dan memiliki bentuk seperti daun cemara. Memiliki warna dominan hijau dan tumbuh secara padat, moss ini merupakan jenis yang paling banyak dicari oleh pecinta aquascape.

Penanaman christmas moss yang baik adalah dengan meletakkan tanaman pada celah-celah agar ketika tumbuh bisa lebih renggang. Tanaman christmas moss adalah tanaman aquascape tanpa CO2 yang bisa Anda tanam untuk membuat aquascape terlihat indah dan menarik.

Crystalwort (Riccia fluitans)Gambar Riccia Moss

Tanaman aquascape moss Crystalwort adalah moss yang memiliki bentuk unik dan cantik. Namun, perawatan tanaman ini tergolong cukup susah dilakukan.

Hal ini disebabkan karena tanaman yang tidak mau melekat pada hardscape dan mudah mengapung. Oleh sebab itu, pastikan untuk mengikat tanaman berulang kali setiap minggu agar tidak mudah terlepas.

Selain itu, jika Anda ingin tanaman moss ini terlihat berkilau maka berikan CO2 dengan konsentrasi yang tinggi.

Pellia liverwort

Gambar Pellia Aquascape
facebook @ace story aquatic

Jenis moss ini berasal dari negara yang ada di bagian timur, seperti Jepang, China, India, Hawaii. Jika Anda ingin menanam Pellia liverwort, Anda membutuhkan nitrogen dengan jumlah yang tinggi agar pertumbuhan dapat berlangsung secara maksimal.

Liverwort tidak memiliki daun, namun talusnya memiliki fungsi untuk berkembang biak.

Moss ini dapat tumbuh di tempat dengan cahaya rendah sampai tinggi. Ketika diberi CO2 dalam jumlah yang banyak, Anda akan melihat gelembung kecil oksigen di bagian bawah talus.

Peacock Moss

Gambar Peacock Moss
youtube.com

Tanaman ini tidak perlu cahaya tambahan dan perlu ditanam pada suhu air yang dingin di bawah 30 derajat celcius. Bentuk peacock moss hampir sama dengan christmas moss.

Namun, jenis moss ini memiliki daun yang lebar dan mirip seperti corak burung merak. Jika dibandingkan dengan christmas moss, peacock moss memiliki tekstur yang mirip seperti beludru.

Stringy Moss

Gambar Stringy Moss
karidesdunyasi.net

Stringy moss memiliki ciri-ciri pertumbuhan yang mengarah ke atas dan bentuknya seperti benang. Berdasarkan segi perawatan, tanaman ini tidak memerlukan perlakuan yang istimewa.

Apabila ingin stringy moss tumbuh dengan maksimal, Anda perlu menambahkan CO2 injection ke dalam aquascape.

2. Jenis Anubias

Tanaman anubias merupakan tanaman yang berasal dari daerah tropis Afrika. Anubias adalah tanaman air dan semi aquatic yang banyak tumbuh di rawa-rawa atau sungai.

Anubias jenis barteri biasanya banyak digunakan untuk aquascape. Dibandingkan dengan jenis moss, biasanya anubias dijual dengan harga yang lebih tinggi.

Anubias barteri coffeefolia

Gambar Tanaman Anubias barteri coffeefolia
amazon.com

Jenis anubias ini memiliki bentuk daun yang indah. Tinggi tanaman antara 15 sampai 25 cm dengan bentuk akar yang menjalar.

Tanaman ini bisa menghasilkan bunga di dalam air, namun tidak menghasilkan biji. Jika Anda memelihara ikan herbivora dalam aquascape, Anda tidak perlu khawatir tanaman ini akan dimakan oleh ikan.

Anubias barteri var. nana

Gambar Tanaman Anubias barteri var. nana
amazon.co.uk

Anubias jenis ini memiliki bentuk yang kecil dan bisa tumbuh subur di berbagai kondisi. Anubias barteri var. nana tumbuh dengan lambat dan daunnya bisa bertahan hingga beberapa tahun.

Jika ingin tanaman ini tumbuh secara maksimal, Anda bisa menanamnya di atas batu atau akar pohon.

Anubias barteri var. barteri

Gambar Tanaman Anubias barteri var. barteri
aquaria.pro

Tanaman ini banyak dijumpai dalam aquascape, karena tanaman ini tidak memiliki banyak masalah. Dibandingkan dengan Anubias barteri nana, tanaman ini memiliki bentuk yang lebih besar. Tanaman ini bisa hidup dengan baik di lingkungan dengan kondisi yang miskin.

Anubias barteri var. angustifolia

Gambar Tanaman Anubias barteri var. angustifolia
Aquapflanzen24.de

Jenis anubias ini merupakan jenis yang mudah hidup di akuarium. Tanaman ini memiliki daun yang panjang dan runcing, sehingga menampilkan kesan elegan pada aquascape. Anubias barteri adalah jenis anubias yang kuat dan rentan terhadap alga.

Anubias petite

Gambar Tanaman Anubias petite
petswarehouse.com

Anubias petite merupakan jenis anubias yang kecil dan termasuk jenis tanaman mid-ground favorit bagi banyak orang. Tanaman ini tidak memerlukan perawatan khusus.

Anubias petite tumbuh di ruang kosong antara celah dan sudut. Anubias petite adalah tanaman yang memiliki potensi yang besar untuk aquascape.

Cara Menanam Tanaman Aquascape

Gambar Cara Menanam Tanaman Aquascape
youtube @Pojok Aquatic

Cara menanam tanaman untuk aquascape memiliki cara dan teknik yang cukup berbeda dengan tanaman biasa. Sebelum mulai menanam, Anda perlu merencanakan layout aquascape yang Anda inginkan.

Sehingga, Anda bisa memperkirakan jenis tanaman apa saja yang akan Anda tanam dan penempatan masing-masing tanaman.

Proses perencanaan layout pada aquascape harus dilakukan dengan baik. Hal tersebut dikarenakan hasil penanaman dan penataan tanaman tidak bisa dilihat secara langsung. Anda memerlukan waktu beberapa bulan untuk bisa melihat hasil penanaman tanaman aquascape.

Beberapa tanaman air memiliki cara penanaman yang berbeda. Berikut adalah cara menanam tanaman aquascape yang disesuaikan berdasarkan jenis tanaman:

1. Menanam jenis Moss (Taxiphyllum, Monosolenium)

Setiap aquascape pasti membutuhkan tanaman jenis moss, karena jenis tanaman yang ringan dan bisa tumbuh subur. Tanaman jenis moss adalah jenis tanaman yang mudah ditanam.

  • Pisahkan moss menjadi bagian kecil-kecil.
  • Selanjutnya, tempelkan moss yang sudah dipisah ke media kayu atau batu. Agar moss tidak lepas dari media, Anda bisa mengikatnya menggunakan benang.
  • Supaya tetap terlihat cantik, hindari penggunaan benang yang warnanya mencolok. Anda juga bisa menanam moss di bagian bawah aquascape.

2. Menanam jenis Rhizomes (Anubias, Microsorum)

Anubias merupakan jenis tanaman rhizomes yang paling banyak dikenal oleh pecinta aquascape Indonesia. Cara menanam jenis Rhizomes, yaitu:

  • Pisahkan tanaman dari media pot.
  • Setelah itu, potong sedikit akar dengan tujuan agar pertumbuhan akar lebih baik.
  • Tempelkan tanaman ke media yang digunakan. Tanaman juga bisa dijepit di antara bebatuan atau diikat menggunakan benang untuk menghindari tanaman menjadi busuk karena tidak menempel pada media.

3. Menanam jenis stem (Egeria, Hygrophila, Ludwigia, dll)

Tanaman jenis stem biasanya dijual dalam bentuk batang tanpa akar, namun ada juga beberapa tempat yang menjualnya dengan akar.

  • Lepaskan tanaman dari pot dan potong akar pada tanaman jika terdapat akar. Sisakan sekitar 4 cm dan buang sedikit bagian daun paling luar.
  • Tanam tanaman per batang satu per satu, agar tanaman terlihat lebih indah usahakan untuk menanamnya secara berkelompok.

4. Menanam jenis floating plants (Limnobium, Ceratophyllum)

Beberapa pecinta aquascape memilih penggunaan jenis floating plants untuk menghias akuarium agar terlihat indah dari atas dan menambah kesan shading pada akuarium. Tanaman floating plants sangat mudah untuk ditanam.

  • Potong akar tanaman yang panjang menjadi lebih pendek dan rata. Pemotongan akar dengan ukuran yang sama akan membuat tanaman terlihat lebih indah.
  • Masukkan tanaman ke permukaan akuarium. Agar terlihat menyebar, pisahkan tanaman menjadi bagian yang lebih kecil.

5. Menanam jenis umbi (Crinum, Aponogeton)

Di kalangan penyuka aquascape, rasanya tanaman umbi atau jenis bulbs and tubers masih belum banyak digunakan. Tanaman ini juga dikenal dengan nama bawang air, karena batang yang besar seperti umbi.

  • Pisahkan tanaman dari media pot.
  • Potong akar tanaman dan sisakan sekitar 4 cm.
  • Hilangkan tanaman lain yang ada dan sisakan 1 tanaman yang paling besar.
  • Tanam tanaman dengan cara menancapkan seluruh bagian umbi atau bisa juga bagian umbi lebih diperlihatkan.

6. Menanam jenis stolon (Vallisneria, Lilaeopsis)

Penanaman tanaman jenis stolon hampir sama dengan penanam tanaman jenis stem.

  • Lepaskan tanaman dari media tanam.
  • Potong akar tanaman dan sisakan akar sekitar 4 cm.
  • Pisah tanaman satu per satu dan tanam stolon pada bagian dasar akuarium.

7. Menanam jenis tanaman karpet atau carpeting plants (Eleocharis, Glossostigma, dll)

Penanaman tanaman karpet ini cukup berbeda dengan tanaman air lainnya.

  • Cabut tanaman dari pot dan potong bagian akar sekitar 2 cm. Jangan sampai terlalu banyak memotong akar agar akar lebih kuat.
  • Setelah memotong akar, potong bagian atas tanaman.
  • Tanam tanaman karpet pada bagian yang akan ditutupi menggunakan tanaman tersebut.

8. Menanam jenis Rossete (Echinodorus, Cyctocoryne, dll)

Tanaman rossete ditanam dengan cara yang sama dengan tanaman jenis stem.

  • Pisahkan tanaman dari pot.
  • Potong akar tanaman dan sisakan kira-kira 4 cm.
  • Pisahkan tanaman per batang dan buang daun terluar agar tanaman bisa tumbuh lebih cepat.
  • Tanam tanaman secara sendiri per batang atau berkelompok.

Saat mulai menanam tanaman aquascape, gunakan lampu akuarium, pupuk yang sesuai dan CO2. Selain saat perawatan, penanaman tanaman juga membutuhkan beberapa hal tersebut. Pada tahap penanaman, sistem perakaran akan mulai tumbuh dan mulai menyesuaikan dengan tempat tumbuh yang baru.

Cara Merawat Tanaman Aquascape

Gambar Cara Merawat Tanaman Aquascape
fluvalaquatics.com

Cara membuat aquascape membutuhkan pengetahuan dan keterampilan. Sebelum mencoba membuat, sebaiknya Anda mempelajari mengenai Aquascape terlebih dahulu. Hal-hal yang perlu Anda ketahui adalah tanaman aquascape, cara membuat landscape, cara penanaman, dan lainnya.

Bagi Anda yang baru memulai hobi aquascape, Anda harus bisa merawat aquascape beserta tanaman di dalamnya agar hidup dengan baik dan terlihat indah.

Perawatan ini harus dilakukan secara rutin untuk menjaga keindahan aquascape yang dimiliki. Beberapa cara perawatan aquascape yang perlu dilakukan, yaitu:

1. Pembersihan kaca dan penggantian air (water change)

Bagi pecinta aquascape, penggantian air lebih dikenal sebagai water chage atau disingkat menjadi WC. Penggantian air adalah perawatan aquascape yang sangat penting untuk dilakukan.

Sebenarnya tidak ada ketentuan waktu untuk mengganti air, namun bagi banyak orang yang sudah terbiasa biasanya melakukannya sekali setiap minggu.

Penggantian air hanya perlu sekitar 20% sampai 30% dari volume air setiap minggu atau 50-60% dari volume air untuk penggantian setiap bulan.

Jika Anda menggunakan air sumur, Anda bisa langsung melakukan penggantian air. Namun, jika Anda menggunakan air PAM, maka lebih baik air diendapkan selama kira-kira satu malam. Air PAM mengandung kaporit yang akan membahayakan tanaman, ikan, dan makhluk hidup air lainnya.

Selagi mengganti air, Anda juga perlu membersihkan kaca akuarium. Penggunaan cahaya yang tinggi dapat menimbulkan perkembangan alga pada kaca. Anda juga bisa memelihara hewan pemakan lumut agar proses pembersihan kaca tidak terlalu berat.

2. Penambahan air yang menguap (water topup)

Penguapan di akuarium disebabkan oleh panas dari lampu atau kipas yang digunakan untuk mendinginkan. Penguapan air aquascape cenderung berbeda dengan akuarium ikan biasanya. Penggunaan alat-alat pada aquascape membuat penguapan terjadi lebih cepat.

Penguapan air menyebabkan debit air di akuarium menjadi berkurang. Hal tersebut akan mengakibatkan unsur-unsur dalam air lebih pekat.

Anda perlu menambahkan air yang berkurang sekitar 1 sampai 2 gayung setiap satu atau dua hari tergantung dari kecepatan penguapan yang terjadi.

3. Penggunaan dan pemberian pupuk

Sama seperti tanaman yang ditanam di tanah, tanaman aquascape juga membutuhkan pupuk untuk tumbuh dan berkembang.

Pemberian pupuk ini harus dilakukan secara rutin. Jika jadwal pemberian pupuk tidak teratur maka besar kemungkinan tanaman menjadi kurang sehat bahkan mati.

Jenis pupuk yang digunakan adalah pupuk cair. Anda bisa menggunakan pupuk berdasarkan jumlah penggunaan yang terdapat pada kemasan.

Anda bisa mendapatkan pupuk cair untuk aquascape dengan mudah di toko-toko aquascape atau toko online. Harga pupuk juga sangat bervariatif mulai sekitar Rp. 25 ribu hingga ratusan ribu per botol dan bisa digunakan untuk beberapa bulan.

4. Pembersihan gravel

Gravel juga harus sering dibersihkan. Karena sering tertutup oleh lumut dan kotoran ikan. Manfaat pembersihan gravel adalah untuk menghindari terjadinya dekomposisi kotoran ikan yang dapat berubah menjadi racun untuk ikan.

Pembersihan gravel dilakukan pada bagian permukaan atas akuarium dengan cara disifon menggunakan selang.

Anda perlu memerhatikan ukuran selang yang digunakan untuk menyifon. Ukuran selang sangat berkaitan dengan daya hisap yang dihasilkan.

Daya hisap yang terlalu kuat dapat mengakibatkan air menjadi keruh dan akar tanaman tercabut. Pembersihan gravel ini dapat dilakukan sebulan sekali.

5. Perawatan sistem filter

Filter memiliki fungsi untuk menjaga kualitas akuarium tetap baik secara mekanik, biologis, dan kimiawi. Keadaan filter harus selalu baik agar filter dapat bekerja secara optimal. Apabila Anda menemukan banyak kotoran pada filter, maka Anda harus membersihkannya.

Filter yang kotor akan membuat aliran air menjadi terhalang dan outflow gerakan air berkurang. Selain itu, mesin pompa juga menjadi lebih cepat rusak akibat beban yang berlebih.

6. Pengecekan rutin kualitas air

Perlu Anda ketahui bahwa selain air yang bersih, air dalam aquascape juga perlu mengandung beberapa unsur mineral. Unsur mineral ini dibutuhkan agar makhluk hidup dalam akuarium dapat hidup dengan sehat.

Kualitas air meliputi temperatur, kadar CO2, tingkat pH, jumlah oksigen terlarut, serta siklus nitrogen.

Agar bisa menjaga kualitas air dalam akuarium tetap terjaga, Anda membutuhkan alat-alat untuk mengontrolnya.  Pengecekan air secara rutin akan membuat aquascape tetap indah dan makhluk hidup di dalamnya sehat.

7. Perawatan tanaman air

Setelah ditanam, bukan berarti tanaman tidak perlu dirawat dengan baik. Anda perlu melakukan perawatan secara berkala, seperti pemangkasan (trimming) dan pembersihan tanaman busuk.

Proses trimming akan membuat tanaman menjadi lebih rapi dan cantik. Selain itu, pemangkasan juga dapat merangsang pertumbuhan tanaman.

Alat yang digunakan untuk trimming adalah gunting khusus aquascape atau alat potong lainnya. Umumnya, proses pemangkasan dilakukan pada bagian pucuk atau bagian yang menutupi tanaman lainnya.

Baca Juga : Cara Membuat Aquascape

Aquascape merupakan hobi dengan banyak manfaat. Saat Anda sedang pusing dan stres, melihat akuarium yang dipenuhi dengan tanaman indah pikiran bisa menjadi lebih tenang dan bahagia.

Walaupun begitu, sebelum memulai hobi ini Anda perlu memiliki pengetahuan yang banyak dan berkomitmen untuk bisa melakukan perawatan dengan baik agar aquascape selalu terlihat indah.

Tinggalkan komentar