Udang Hias

Disaat Anda bosan memelihara ikan, memasukkan udang hias air tawar bisa menjadi pilihan agar aquascape menjadi lebih variatif.

Mungkin akan terdengar aneh bagi yang masih awam, bagaimana bisa udang dijadikan peliharaan akuarium? Itu sudah biasa kok, karena udang hias memiliki ukuran yang kecil, warnanya cantik, dan jenisnya beragam.

Kerennya lagi udang kecil ini mampu membersihkan sisa-sisa makanan ikan beserta alga yang menempel pada tanaman aquascape ataupun pada batu aquascape.

Melihat manfaatnya yang melimpah, kami rasa memelihara udang hias sangat diperlukan untuk aquascape Anda. Apa saja jenis udang tersebut? Ini dia ulasannya.

Jenis Udang Hias Aquascape Air Tawar

Masing-masing udang dibawah memiliki ketahanan PH dan suhu air yang berbeda. Jadi, pilihlah udang yang karakternya sesuai dengan kondisi air di akuarium Anda ya.

1. Red Cherry Shrimp

Gambar Udang Hias Red Cherry Shrimp
hobiakuatik.e-proficientlab.com

Udang yang memiliki ukuran 3 cm ini dibaluri oleh warna merah menggoda. Namun pada bagian kaki ia cenderung berwarna bening.

Udang Red Cherry bisa diberi pakan bayam rebus, namun jika Anda malas memberi makan udang ini juga mampu bertahan dengan memakan alga.

Karena ia memiliki tingkat ketahanan yang luar biasa terhadap kondisi air yang kurang mendukung, bisa dibilang udang Red Cherry merupakan udang yang paling populer dikalangan aquascaper

Meski begitu memberinya PH  6.8 dan menjaga suhu air diangka 25 – 27°C merupakan hal yang tetap kami rekomendasikan.

2. Red Fire Shrimp

Gambar Udang Red Fire Shrimp
senzeal.com

Selain dikenal dengan naman diatas udang ini juga memiliki berbagai nama lain seperti Scarlet Cleaner dan Blood Red Shrimp.

Ya, warna merah pada udang ini memang cenderung seperti merah darah ataupun merah api. Hal tersebut juga berlaku pada kaki-kaki udang ini.

Red Fire Shrimp gemar memakan sisa-sisa pelet ikan, jadi Anda tidak perlu khawatir akan kebersihan aquascape. Selain itu udang ini juga mampu memakan alga yang mengganggu.

Tergolong sebagai udang yang aktif, Red Fire Shrimp cocok diberi PH air 8.1 -8.4. Kemudian untuk suhu yang direkomendasikan adalah 25 – 28°C.

Bagi Anda yang memiliki keinginan untuk membudidayakan udang hias, jenis udang ini bisa dijadikan pilihan karena mampu beranak-pinak secara cepat.

3. Black Cherry Shrimp

Gambar Udang Black Cherry Shrimp
pinterest.com

Tidak seperti udang hias sebelumnya, Black Cherry Shrimp dibaluri oleh warna hitam pada sekujur tubuhnya.

Bagi Anda yang menggemari warna cantik, mungkin udang ini kurang cocok dijadikan pilihan. Namun jika untuk sekedar variasi, ia masih bisa diandalkan.

Terlebih udang ini juga mudah untuk dipelihara, karena mampu bertahan dengan makanan dan kondisi air seadanya, baik itu alga atau pelet ikan yang tidak habis.

Rekomendasi suhu untuk udang ini yaitu 25 – 27°C dengan besar PH air 6.8.

4. Yellow Shrimp

Gambar Udang Hias Yellow Shrimp
worldwidefishandpets.com

Selanjutnya adalah Yellow Shrimp, yaitu udang yang juga cukup familiar dikalangan pecinta udang hias. Bagiamana tidak? Siapapun yang melihat warna kuning cerah pada udang ini pasti akan jatuh cinta.

Supaya udang Yellow Shrimp tidak teracuni, Anda harus memastikan akuarium sudah memiliki filter. Kemudian karena udang ini cenderung pemalu, maka Anda bisa menambahkan tempat persembunyian berupa kayu, batu, ataupun tanaman.

Untuk ketahanannya terhadap air, udang ini terbilang tidak rewel. Karena mampu hidup di suhu 18 – 29°C dan PH air diantara 6.2 – 8.

Udang ini bisa memakan alga seperti udang yang lain, namun jika Anda mau meberi pakan tambahan, udang ini gemar memakan bayam rebus dan cacing darah.

5. Udang Hias Fire Yellow

Gambar Udang Fire Yellow Shrimp
garnelenhaus.com

Dibandingkan dengan udang sebelumnya, Fire Yellow Shrimp terlihat memiliki warna kuning yang lebih pekat.

Sementara itu untuk faktor yang lain seperti makanan, dan ketahanannya terhadap air udang ini sama persis dengan udang Yellow Shrimp yang biasa, yaitu  mudah untuk dirawat.

6. Udang Hias Red Rili

Gambar Udang Hias Red Rilli
aquaticarts.com

Cinta terhadap Indonesia? Anda bisa menyalurkan rasa tersebut melalui udang Red Rili  karena memiliki warna merah putih, hehe.

Disamping warnanya yang ciamik itu, Anda tidak perlu mengkhawatirkan paramter air untuk udang ini, karena ia mampu bertahan pada rentang suhu yang panjang, mulai dari 18 hingga 29°C serta PH air 6.2 hingga 8.0

Sedikit tips untuk Anda, udang Red Rili pemakan alga ini akan merasa aman jika disekelilingnya terdapat batu atau tanaman yang rimbun.

7. Udang Hias Blue Pearl

Gambar Udang Blue Pearl
garnelaxia.com

Yap, biru transparan adalah warna utama dari udang hias ini. Kemudian udang Blue Pearl juga dihiasi oleh bintik hitam dan sedikit kombinasi warna kuning ditubuhnya.

Uniknya kualitas air sangat mempengaruhi warna dari udang blue Pearl. Karena itu Anda harus memastikan udang ini mendapatkan air yang jernih dengan PH 6.5 – 8 serta suhu 15 –  30°C.

Ukuran udang Blue Pearl pada umumnya 2.5 hingga 3 cm, sementara itu untuk makanannya masih sama seperti udang hias yang lain.

Cukup mudah kok untuk memelihara udang ini, terlebih perkembang biakannya yang tergolong cepat, sehingga cocok untuk dibudidayakan.

8. Golden Bee Shrimp

Gambar Udang Golden Bee Shrimp
devianart.com

Putih susu kekuningan adalah kata yang mendefinisikan warna udang ini. Golden Bee Shrimp hidup dalam suhu air 5 – 28°C disertai kadar PH 6.5 – 70.

Pada dasarnya udang Golden Bee membutuhkan banyak tanaman aquascape supaya merasa aman.

Anda bisa memberinya tanaman jenis Riccia, karena selain untuk berlindung tanaman Riccia juga bisa dijadikan sumber makanan biofilm untuk udang.

Udang Golden Bee juga bisa memakan makanan yang lain seperti alga, atau pelet ikan.

9. Ninja Shrimp

Gambar Udang Ninja Shrimp
garnelen-guemmer.de

Untuk memelihara udang Ninja, pastikan aquascape Anda berukuran besar, karena udang ini harus hidup berkelompok agar merasa aman. Setidaknya peliharalah 20 ekor sekaligus.

Selain itu Anda juga harus menggunakan filter supaya air aquascape terhindar dari nitrat dan amonia.

Ninja Shrimp memiliki ukuran tubuh 2.5 – 3.5 cm, hidup pada suhu 22 – 28°C, serta PH air yang disarankan adalah 6.5 – 7.5.

Makanan udang Ninja cukup variatif, selain bisa memakan alga dan sisa pelet seperti udang lain, ia juga bisa mengonsumsi spirulina dan daun tanaman yang telah mati.

10. Red Nose Shrimp

Gambar Udang Hias Red Nose Shrimp
aquafood.co.uk

Dibandingkan udang yang lain, Red Nose Shrimp memiliki ukuran tubuh yang sedikit lebih besar yaitu mulai dari 3.5 cm hingga 4 cm.

Warna yang dimiliki Red Nose Shrimp juga sangat unik, ia memiliki tubuh transparan dan pada bagian dalamnya terlihat dua garis melengkung warna merah, membentang dari ekor hingga hidungnya.

Paramter air yang direkomendasikan yaitu bersuhu 20 – 28°C, kadar PH 6.5 – 7.5, serta tersbebas dari nitrat, klorin, dan ammonia.

11. Green Neon Shrimp

Gambar Udang Green Neon Shrimp
pinterest.com

Bisa dibilang udang Green Neon Shrimp memiliki karakter yang cukup unik, pada saat keadaan terdesak udang ini mampu mengubah warna tubuh layaknya bunglon.

Jika dalam keadaan normal udang ini berwarna kuning kehijauan seperti neon yang menyala.

Apabila Anda tertarik memelihara Green Neon Shrimp, belilah 10 ekor langsung untuk satu tank akuarium supaya udang yang hidup berkelompok ini merasa nyaman.

Udang Green Neon tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 2.5 cm hingga 4 cm. Suhu yang direkomendasikan supaya udang ini bisa hidup yaitu 24 – 28°C.

12. Black Bee Shrimp

Gambar Udang Black Bee Shrimp
buceplant.com

Udang yang mampu hidup dalam waktu 1 sampai 2 tahun ini memiliki perpaduan warna hitam dan putih yang sangat keren.

Gunakanlah air yang jernih, bersih, bersuhu 20 – 25°C, dan ber PH 5.8 – 6.8 agar udang Black Bee Shrimp memiliki umur yang panjang.

13. Blue Bee Shrimp

Gambar Udang Blue Bee Shrim
nanocaridina.weebly.com

Mengenai cara perawatan, parameter air udang Blue Bee tidak jauh berbeda dengan udang Black Bee.

Hanya saja Anda bisa menambahkan tanaman yang sedikit banyak untuk tempat persembunyian. Jangan khawatir tank akuarium akan kotor oleh daun tanaman yang busuk, karena udang Blue Bee akan memakannya.

Selain itu, Blue Bee Shrimp juga hobi mengonsumi alga ataupun sisa makan dari pelet ikan.

14. Red Bee Shrimp

Gambar Udang Hias Red Bee Shrimp
designaquarium.cz

Udang Red Bee memiliki kombinasi warna putih susu dan merah. Kemudian bagian luar tubuh udang ini juga nampak berkilau, sehingga ia sering juga dijuluki udang Crystal Red.

Membedakan udang Red Bee jantan dan betina cukup mudah, untuk jantan ukurannnya lebih kecil yaitu 2.5 cm, sedangkan untuk betina ukurannya 3.5 cm.

Karena udang Red Bee cukup sensitif terhadap nitrit dan ammonia, gunakanlah filter agar air tersirkulasi dengan baik.

Kemudian Anda harus mengatur suhu air diantara 16.5 – 24°C. dan jangan lupa PH air berada di angka 5.8 – 7.4.

Untuk makanan udang ini termasuk tidak rewel, karena ia mau memakan sisa pelet ikan dan alga.

Baca Juga : Ikan Pemakan Lumut

Baiklah mungkin hanya itu artikel mengenai udang hias aquascape air tawar yang bisa kami referensikan. Pastikan karakter udang yang dipilih sesuai dengan parameter air dirumah ya.

Sekian dan terimakasih.

Tinggalkan komentar